Di pertengahan bulan Maret 2019 lalu, game Battle Royale populer berjudul PlayerUnkown’s Battleground garapan Bluehole Studio telah di ban secara resmi di negara bagian India Gujarat. Langkah ini dilakukan setelah masuknya banyak komplain dari orang tua dan guru akan kekhawatiran efek negatif seperti perilaku kasar dan adiktif yang ditimbulkan.

Baca juga: 10 Mahasiswa di India Ditangkap Polisi Karena Bermain PUBG Mobile

PUBG Mobile India di BAN

Tidak sampai di sana, Indonesia dan Malaysia juga sempat diberitakan bakal mengharamkan game tersebut. Dan yang paling terbaru, Nepal, kini secara resmi telah melakukan BAN untuk game PUBG di seluruh wilayahnya.

Berbeda dengan India yang hanya melarang peredaran game ini di wilayah Gujarat, Nepal tampak jauh lebih tegas dan tidak memberikan toleransi. Menurut informasi yang dikutip dari situs reuters, Sandip Adhikari selaku wakil direktur dari Otoritas Telekomunikasi Nepal telah memerintahkan larangan game PUBG karena dianggap konten kekerasan di dalam game ini memberikan dampak negatif kepada anak-anak dan remaja.

pubg-nepal-di-ban

Seluruh penyedia layanan internet, operator seluler, dan penyedia layanan jaringan telah diarahkan untuk memblokir streaming game PUBG mulai hari Kamis kemarinn.
Walaupun sejauh ini belum ada laporan insiden yang ditimbulkan dari game ini, Sandip Adhikari mengungkapkan bahwa pihak orang tua merasa khawatir terhadap anak-anak mereka akan terganggu proses belajarnya dan kegiatan rutin normal lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *