Ashes of Creation merupakan game online MMORPG terbaru yang mengambil seting dunia fantasi open world. Digarap oleh Intrepid Stuios Inc, judul yang dikembangkan menggunakan teknologi unreal engine 4 ini sebenarnya sudah diumumkan sejak awal Desember 2016 lalu.

MMORPG Ashes of Creation

Well, industri MMO belakangan memang tidak banyak menyajikan kejutan-kejutan seperti tahun-tahun sebelumnya. Saat mimin mendengar Ashes of Creation ini, mimin cukup antusias sih, apalagi saat melihat footage yang dirilis oleh pihak developer, entah mengapa ada kesan yang mengingatkan mimin sama game Skyforge.

Kualitas dari Unreal Engine 4 sendiri tentu sudah tidak diragukan. Tak hanya Ashes of Creation yang menggunakan engine ini, beberapa judul seperti Age of Wushu 2, Paragon, Lineage 2, Dark and Light juga berlomba-lomba menghasilkan karya grafis fantastis dari kekuatan engine garapan Epic Games itu.

Concept art Mount di Ashes of Creation

Concept art Mount di Ashes of Creation

Buat kamu yang belum pernah mendengar Ashes of Creation, yuk kita kenalan dengan game MMORPG terbaru ini.

Dunia Open World yang Dinamis

Elemen ini menurut mimin paling kuat dari Ashes of Creation untuk membedakannya dengan game-game yang ada di pasaran saat ini. Dunia di dalam Ashes of Creation dibangun dinamis, artinya keseluruhan interaksi pemain di dalam game akan membentuk dunia itu sendiri, mulai dari membangun peradaban kota yang nantinya di huni oleh NPC, quest, populasi dan lainnya. Kamu juga bisa menghancurkan kota yang sudah kamu bangun ini.

open world ashes of creation

Fitur Housing yang Fleksibel

Pemain Ashes of Creation dapat membangun rumah (housing) dimana saja. Entah itu jauh dari peradaban (mimin pilih di hutan dan gunung paling jauh kali ya), atau membentuk koloni dengan pemain lain, yang nantinya bisa menjadi sebuah kota. Sejumlah aktifitas seperti mengumpulkan supply dan sumber daya alam juga akan kamu lakukan dalam game ini. Menariknya lagi, area yang kamu tempati bisa kamu jadikan semacam pusat bisnis, entah itu unggul dalam penyediaan sumber farming, menjual hasil buruan, atau tempat pembuatan senjata.

Questing

Quest di dunia Ashes of Creation menggabungkan elemen tradisional MMO dan elemen dinamis (pengaruh dari action pemain). Beberapa quest yang nantinya bisa kamu nikmati antara lain area quest, public quest, dan quest berantai yang berubah dinamis secara real time berdasarkan pilihan / action pemain.

Sieges: Perang Skala Besar

Pemain dapat terlibat dalam perang skala besar dalam siege warfare. Castle di dalam game ini memiliki sumber daya yang terbatas, jadi wajib untuk dikuasai dan dipertahankan dari serangan lawan. Pemain-pemain yang berhasil merebut castle akan mendapatkan reward menarik, serta akses untuk menguasai area di sekitarnya untuk membangun bangunan-bangunan unik di dekat kota.

Monster Lebih Pintar, Lagi Dinamis

Menurut ungkapan dari pihak developer, monster-monster di dalam game ini sangat dinamis. Mechanic dari monster tersebut akan terus berubah, jadi pengalaman bertarung kamu akan selalu baru. Buat yang doyan menjelajahi dungeon dan menaklukan raid boss, di dalam game ini juga tersedia loh!

Player vs Player

Buat yang suka rusuh entah itu skala besar bernuansa politik (Castle) atau sekedar iseng juga bisa menikmati open world PvP di dalam Ashes of Creation. Beberapa fitur PvP yang bisa pemain nikmati antara lain menguasai kota, castle, caravan, dan hunting ground (area hunting).

Bajak Caravan, Rebut Barang Kiriman!

Caravan merupakan system unik di dalam Ashes of Creation yang bisa pemain gunakan untuk mengirim barang jualan dari satu kota ke kota lain. Saat menggunakan caravan, pemain lain dapat menyerang dan menjarah barang-barang tersebut. Nah loh, kudu dijaga nih selama perjalanan. Pasalnya, area di sekitar caravan bakal jadi zona PvP statis yang memungkinkan pemain lain terlibat dalam PvP.

Caravan di Ashes of Creation

Screenshot Caravan in game

Berdagang dari Satu Kota ke Kota Lain, Tergantung Permintaan!

Hasil berburu kamu tentunya ingin mendapatkan reward bukan ? Apalagi yang suka ngumpulin duid lewat trading. Kalau di game lain tinggal masukin ke auction house, di dalam Ashes of Creation agak sedikit unik. Beberapa region akan memiliki permintaan barang dan harga lebih tinggi dibanding region / kota lain.

cities ashes of creation 2

Untuk itu kamu harus jeli untuk berpindah dari satu kota ke kota lain untuk membuka lapak (shop). Caravan di atas merupakan fitur wajib yang harus kamu gunakan untuk mengirimkan barang jualan tadi :) Nah loh, beresiko ya haha! Kabarnya, mengumpulkan supply / barang jauh lebih mudah ketimbang dijual nanti.

city ashes of creation

Crafting dan Gathering

Crafting dan gathering merupakan kompnen elemen dari ekonomi di Ashes of Creation. Entah itu kamu memilih untuk membangun perkebunan luas di area housing, atau menjelajahi gurun, hutan, lembah untuk berburu harta karun dan sumber daya. Selain itu, fitur crafting di dalam game ini juga memungkinkan kamu untuk membuat barang-barang unik yang mewakili kekuatan atau kelemahan kalian.

Ashes of Craetion saat ini masih dalam tahap pengembangan. Belum ada tanggal pasti peluncurannya, namun untuk sementara, kamu bisa menikmati video pre-alpha footage dari game online terbaru ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RECENT COMMENTS
Excel Raintung on 17 Game PC Ringan Yang Ga Buat Komputer Kamu Menjeritbahtiar on 2 Minggu Rilis, Lineage 2: Revolution Sukses Raup 50 Juta Wonhobikami on Echo of Soul Mobile Sedang Disiapkan Oleh KakaogamesShiki on Wah, Model Bisnis Free-to-Play Jauh Menguntungkan Dibanding Pay-to-PlayReno Imansyah on Tree of Savior Ban 3072 Akun Permanen! Masih Berani Pakai BOT?