Sebelumnya, banyak yang berspekulasi bahwa Google akan merilis sebuah konsol game terbaru yang siap bersaing melawan Playstation 4 dan juga Xbox One. Munculnya spekualisi ini berawal dari beredarnya kabar bahwa Google akan mengumumkan langkah besar mereka untuk masuk ke dalam industri game saat acara Google Developers Conference berlangsung di San Francisco.

layanan baru google stadia

Puncaknya, kemarin malam, Google secarah resmi memperkenalkan kehadiran Stadia – sebuah layanan cloud gaming masa depan yang akan mengubah pandangan kamu bagaimana cara menikmati sebuah game.

Dalam event yang disiarkan langsung lewat youtube, Google memperkenalkan banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Stadia. Seperti apa layanan Stadia ini?

Fitur-Fitur Google Stadia Cloud Gaming Service

Main Game Dimana Saja Dengan Dukungan Resolusi Hingga 4K 60fps HDR

Stadia ini, kalau di ibaratkan mirip kayak Netflix, bedanya – kalo Netflix buat nonton / streaming film, lewat Stadia kamu bisa streaming untuk memainkan game yang kamu inginkan tanpa harus mimiliki konsol game atau perangkat PC. Dengan layanan Stada ini kamu bisa memainkan game favorit kalian hingga dukungan resolusi 4k di 60 fps HDR tanpa masalah.

google-stadia-diumumkan

Yang kamu butuhkan hanya sebuah smartphone, tablet, PC / Laptop, atau TV, yang terkoneksi dengan jaringan internet, kemudian mengakses layanan Stadia lewat browser chrome, Chromecast atau Pixel. As simple as that. Untuk yang bermain menggunakan tablet atau smartphone, dalam siarang langsung yang mimin nonton kemarin malam, google juga bakal mendukung fitur touch control agar kamu tetap bisa bermain game tanpa membutuhkan controller. Sedangkan untuk PC / Laptop, kamu bisa menggunakan USB Controller tersedia yang ada di pasaran saat ini.

Controller Stadia: Capture & Sharing + Google Assistant

Bagaimana dengan TV ? well, kamu membutuhkan Controller Stadia yang akan dikeluarkan oleh google juga. Dengan Controller Stadia, tersedia fitur wi-fi yang dapat menghubungkan kamu secara langsung ke datacenter milik google, tentunya dengan akses internet ya guys. Selain itu, Controller Stadia juga menyediakan 2 tombol pendukung yang menarik untuk di simak.

controller-stadia-baru

Pertama ada tombol “capture button” yang dapat merekam gameplay kalian dan sharing ke youtube. Tombol kedua adalah Google Assistant. Saat menekan tombol ini, pemain secara otomatis dapat mengakses fitur microphone pada controller.

google assistant controller stadia

Menurut ungkapan dari Google, fitur Google Assistant ini nantinya bakal terintegrasi dengan fitur in-game yang dihadirkan khusus buat Controller Stadia. Pada Showcase yang ditampilkan oleh Google, kamu bisa menanyakan kepada Google Assistant untuk membantu kamu menyelesaikan puzzle dalam game dengan memunculkan video dari youtube.

Fitur Crowd Play

Selain itu, Stadia juga menyediakan fitur “Crowd Play” yang cukup seru untuk youtube content creator maupun developer game. Dengan fitur ini, streamer dapat mengajak fans mereka untuk bermain bersama hanya dengan menekan tombol “join now”.

crowd play stadia

Alright, so the next question is, kapan layanan ini diluncurkan? Well, disesi akhir acara GDC, Google mengungkapkan bahwa layanan Stadia rencananya bisa nikmati dalam tahun 2019 ini di Amerika Serikat, Eropa, Inggris, dan Kanada dengan tanggal pasti yang masih dirahasiakan.

tanggal rilis google stadia

Sayangnya belum ada informasi kapan layanan ini akan dibuka untuk regional Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *