NCsoft Jepang kemarin mengumumkan bahwa mereka telah menjadwalkan rilis final Blade & Soul server Jepang untuk digelar pada 20 Mei 2014. Kehadiran rilis final ini dibarengi dengan penetapan model bisnis Pay to play mulai dari 3000 Yen sampai 9000 Yen.

Blade & Soul Japan

Blade & Soul Japan

Pengumuman resmi tersebut diposting lewat situs resmi Blade & Soul (JP) kepada para penggemar yang telah menanti-nantikan game tersebut. Menurut pihak NCsoft, layanan final yang akan dimulai sejak Selasa siang ini memberikan tawaran menarik bagi para penggemar. Untuk mengawali permainan, gamer tidak perlu berlangganan dahulu, alias gratis! Gamer bisa bebas membuat karakter yang diinginkannya, melakukan kustomisasi, dan berbagai hal lainnya sesuai kemauan mereka.

Namun tawaran ini hanya berlaku sampai level karakter mencapai level 15. Setelah karakter milik gamer telah mencapai level 16, maka model pay to play akan diterapkan, dan gamer diharuskan untuk memilih paket yang tersedia. Terdapat dua paket berlangganan yang bisa dipilih yaitu bulanan (seharga ¥3000) dan triwulanan (seharga ¥9000). Gamer yang berlangganan triwulanan akan mendapatkan bonus menarik bagi karakternya. Selain menggunakan model pay to play (P2P), Blade & Soul (JP) juga mempunyai fitur Cash Shop yang memberikan kesempatan kepada para gamer untuk membeli item dan memperkuat karakter mereka.

Meski gamer dijamin tidak akan mengalami membludaknya pemain di server yang ada karena sistem P2P-nya, tapi harga berlangganan yang disematkan oleh NCsoft tersebut dinilai terlalu mahal oleh beberapa kalangan di luar gamer Jepang. Jika ditilik dari kondisi game itu sendiri yang telah berlangsung cukup lama di server lain secara gratis, tampaknya 3000 yen jadi jumlah yang relatif mahal. Belum lagi kehadiran Cash Shop yang dipastikan bakal menyedot habis uang para gamer. Bisa jadi Blade & Soul (JP) bakal berakhir seperi ArcheAge (JP) yang mengawali layanan dengan model P2P namun berakhir dengan Free to play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *