BOT Tree of Savior mungkin bukan lagi kabar baru untuk kamu, pasalnya isu ini sebenarnya sudah menjadi rahasia umum dikalangan para gamer. Mengetahui bahwa celah sistem dan banyaknya eksploitasi di dalam game dimanfaatkan secara tidak bijak oleh beberapa pain, memaksa IMC games selaku developer mengambil langkah tegas untuk para ‘perusak’ komunitas itu.

Screenshot Tree of Savior

Melalui situs resminya Tree of Savior, pihak developer mengumumkan bahwa mereka telah mengidentifikasi dan memblokir 1.394 akun yang menggunakan BOT, dan 1.678 akun yang terbukti telah memanipulasi client game untuk tujuan tertentu. Gak main-main, ban ini bersifat permanen loh!

Untuk membantu meminimalisir penggunaan BOT, Tree of Savior menghadirkan fitur report yang bisa digunakan oleh para pemain. Fitur ini tidak sembarangan, pasalnya IMC Games punya jurus khusus untuk menanggapi setiap laporan yang masuk, apakah laporan tersebut valid, atau tidak. Mekanismenya cukup simple, IMC Games menyebutnya dengan istilah Report Influce Index (RII).

Setiap pemain memiliki poin RII yang tidak bisa dilihat. Misalkan kamu melihat seorang pemain A  yang dicurigai menggunakan BOT, kamu bisa melaporkannya. Apabila pemain lain melaporkan user A yang sama, maka sitem IMC games akan kemudian menindak lanjuti laporan tersebut. Apabila user A tersebut terbukti menggunakan bot, maka kamu akan menerima poin RII. Semakin besar poin RII kamu, maka laporan yang kamu berikan dikemudian waktu akan lebih dipercaya dan lebih cepat di proses. Sebaliknya, jika kamu dengan sengaja melaporkan seseorang yang ternyata bukan bot, maka nilai RII kamu akan menjadi negatif sehingga suara laporan kamu dikemudian waktu tidak dianggap akurat. IMC Games menyarankan, jika kamu ga yakin kalau itu BOT jangan dilapor! Sampai sini ngerti kan mekanisme poin RII ?

Nah, ada tahap lanjutan setelah report diterima dan siap untuk diproses. Pada tahap lanjutan ini, IMC Games menggunakan teknik Machine Learning (ML) yang berguna untuk membaca log aktifitas pemain yang tertuduh bot tadi.  Bagaimana proses Machine Learning ini tidak dijelaskan oleh pihak developer, takutnya malah dicari celah lagi :)

Kamu bisa baca detil press releasenya di sini https://treeofsavior.com/news/?n=377

One thought on “Tree of Savior Ban 3072 Akun Permanen! Masih Berani Pakai BOT?

  1. tiba-tiba IP region Indo di block dari server inter..
    iya kale dah harus main di publisher indo bersama bocah” GGwarnet..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RECENT COMMENTS
Excel Raintung on 17 Game PC Ringan Yang Ga Buat Komputer Kamu Menjeritbahtiar on 2 Minggu Rilis, Lineage 2: Revolution Sukses Raup 50 Juta Wonhobikami on Echo of Soul Mobile Sedang Disiapkan Oleh KakaogamesShiki on Wah, Model Bisnis Free-to-Play Jauh Menguntungkan Dibanding Pay-to-PlayReno Imansyah on Tree of Savior Ban 3072 Akun Permanen! Masih Berani Pakai BOT?