Superdata, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang riset industri game belum lama ini merilis laporan pasar game MMO dan MOBA sepanjang tahun 2016. Dalam laporan tersebut, kalian bisa menyimak perbandingan dari revenue (pendapatan) game yang mengusung model free-to-play (gratis) dan pay-to-play (berbayar).

pendapatan-mmo-2016

Masih dalam laporan yang sama, ternyata game F2P jauh lebih menguntungkan dibanding game dengan model bisnis P2P. Di lini game PC Online, tercatat kurang lebih pendapatan dari game F2P mencapai $17,4 miliar, mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Sedangkan model bisnis berbayar hanya mencapai $2.7 miliar, menurun dari tahun 2015 yang sempat menyentuh angka $3.1 miliar. Dalam proyeksi grafis yang tertera pada situs resmi Superdata, diprediksi tahun 2018 mendatang model F2P akan menyentuh angka $18.1 miliar, sedangkan P2P tetap diangka $2.7 miliar. Kalau dilihat dari angka di atas, kontribusi paling besar untuk F2P datang dari gamer Asia.

Berikut ini adalah 10 judul game MMO dengan pendapatan tertinggi sepanjang tahun 2016, 6 diantaranya adalah game gratis :)

10-penghasilan-mmo-di-2016

Detail laporannya bisa kamu lihat di sini. Gak gratis, harus bayar $ 2,499.

One thought on “Wah, Model Bisnis Free-to-Play Jauh Menguntungkan Dibanding Pay-to-Play

Yuk diskusi di sini

JOIN OUR FACEBOOK
RECENT COMMENTS
Excel Raintung on 17 Game PC Ringan Yang Ga Buat Komputer Kamu Menjeritbahtiar on 2 Minggu Rilis, Lineage 2: Revolution Sukses Raup 50 Juta Wonhobikami on Echo of Soul Mobile Sedang Disiapkan Oleh KakaogamesShiki on Wah, Model Bisnis Free-to-Play Jauh Menguntungkan Dibanding Pay-to-PlayReno Imansyah on Tree of Savior Ban 3072 Akun Permanen! Masih Berani Pakai BOT?