Perbincangan panas terkait konsol next-gen Sony Playstation 5 sejatinya sudah mulai menguak sejak tahun 2018 lalu. Jika merujuk pada umur dari produk konsol sony terdahulu, 7 tahun merupakan waktu yang dibutuhkan Sony untuk menggantikan Playstation 3 dengan konsol generasi terbaru Playstation 4 saat itu. Asumsi Playstation 4 memiliki umur yang sama dengan kakaknya, kemungkinan Playstation 5 diprediksi bakal dirilis pada tahun 2020 mendatang.

fitur-playstation-5-terbaru-sony

Selama ini, tak banyak kabar maupun hint yang secara terang-terangan diberikan oleh pihak Sony terkait konsol terbaru mereka. Kabar baiknya, dalam sebuah interivew exclusive yang dimuat oleh situs wired dengan Mark Cerny selaku lead system architect Playstation 4, terungkap sejumlah informasi menarik terkait apa yang bisa para fans harapkan dari konsol generasi terbaru Sony selanjutnya a.k.a Playstation 5.

Menurut ungkapan dari Cerny, konsol next-generation terbaru Sony nantinya bukan hanya sekedar peningkatan performa layaknya Playsation 4 vs Playstation 4 Pro. Pasalnya, jeroan dari perangkat keras Playstation 5 bakal benar-benar baru.

Sebut saja dukungan 8-core CPU AMD generasi ke-3 Ryzen yang dibangun pada arsitektur 7nm Zen 2, serta GPU khusus dari AMD Navi yang mampu mendukung teknologi Ray-tracing untuk pertama kalinya dalam sejarah konsol gaming. For your information, fitur Ray-tracing ini merupakan teknologi terbaru yang telah hadir pada GPU seri RTX Nvidia yang memungkinkan pencahayaan dalam game tampak lebih dinamis dan realistis. Oh iya, dengan dukungan dari CPU & GPU mutakhir Playstation 5 di atas, pengalaman bermain game dengan resolusi 8k juga bisa kamu nikmati (hmm.. harga TV 4k aja sudah mahal ya guys? apalagi 8k nih?).

CPU terbaru Playstation 5 ini juga sudah mendukung 3D Audio yang bakal meningkatkan kualitas suara (audio di dalam game). Peningkatan ini akan sangat signifikan dan siap membuat kamu larut ke dalam permainan dengan audio yang terdengar datang dari berbagai arah seperti dari samping, belakang, maupun atas, tentunya perangkat headphone / speaker kamu sudah menudukung surround sound ya guys.

Selain informasi di atas, Cerny juga mengungkapkan bahwa Playstation 5 bakal menggantikan hard drive dengan SSD (solid state drive). Dukungan perangkat keras ini akan menambah kecepatan loading time dan gameplay di dalam game.

Dalam sebuah demo yang ditunjukan kepada situs Wired, Cerny membandingkan pergerakan cepat Spider-man dari satu titik ke titik lokasi lainnya membutuhkan 15 detik pada Playstation 4, sedangkan Playstation 5 hanya membutuhkan 0.8 detik. Perlu di ketahui, saat uji coba ini masih menggunakan dev-kit versi awal dari PS5 (kemungkinan bisa lebih di optimasi lagi). Dukungan SSD ini memungkinkan pergerakan kamera jauh lebih cepat dibanding Playstation 4 dengan kualitas objek sekitar tetap jernih. Cerny juga menjelaskan bahwa SSD pada Playstation 5 memiliki bandwidth jauh lebih tinggi dibanding SSD PC yang saat ini ada di pasaran.

Terakhir, konsol Playstation 5 nantinya juga bakal mendukung fitur backward compatible sehingga kamu bisa memainkan game-game Playstation 4 pada konsol terbaru Sony Playstation 5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *