Albion Online merupakan sebuah game MMORPG bertema Medieval Fantasy yang dikembangkan oleh developer Sandbox Interactive dan dirilis pertama kali pada tanggal 17 Juli 2017. Game yang memperkenalkan fitur cross platform ini memungkinkan pemain untuk memainkan game Albion melalui platform Windows, Linux, Mac OSX, Android dan juga iOS.

albion-online-jadi-gratis

Pada saat dirilis, Albion Online mengusung model bisnis Buy-to-Play. Jika melihat pada platform Steam, harga Albion Online saat ini dibandrol di angka Rp. 459.999 (saat artikel ini ditulis, lagi ada diskon 34% sehingga harga akhirnya di angka Rp. 303.599).
Kabar baiknya, kamu yang tertarik untuk membeli game ini mungkin bisa sedikit bersabar. Pasalnya, dalam pengumuman terbaru yang diungkap lewat situs resminya kemarin, 20 Maret 2019, Albion Online akan berubah menjadi game gratis per tanggal 10 April 2019.

Pengumuman ini tentu menjadi kabar baik buat kamu yang sudah menunggu lama atau bahkan memprediksi saat ini akan datang :P Kendati demikian, ternyata sentimen negatif dari sejumlah gamer juga tidak dapat dihindari, seperti anggapan jumlah populasi yang semakin menurun sehingga peralihan model bisnis ini dilakukan, hingga komentar yang beranggapan bahwa langkah ini sudah terlambat untuk menyelamatkan game Albion.

Sandbox Interactive juga sepertinya sudah memprediksi bahwa komentar miring seperti ini akan muncul, sehingga dalam pengumuman tersebut, pihak developer memberikan penjelasan alasan mereka kini mengubah Albion Online menjadi gratis. Penjelasannya bisa kamu lihat pada tulisan di bawah ini.

albion-online-free-to-play

Mengapa Perubahan Ini Dilakukan Sekarang?

Secara keseluruhan, game kami berjalan sangat baik. Team yang beranggotakan 35 orang baru saja merilis 6 update besar, dan memiliki jumlah populasi stabil dan terus meningkat.

Kendati demikian, kami juga yakin bahwa Albion Online bisa menjadi jauh lebih baik. Misi kami adalah mengembalikan pengalaman bermain game MMORPG old-school hardcore kepada jangkauan gamer seluas mungkin.

Kondisi saat ini, biaya $30 menjadi penghambat (baca: buy to play) yang membuat gamer tertarik untuk mencoba sebuah game baru, apalagi tipe game yang tidak konvensional seperti Albion Online. Kami percaya dengan menghapus biaya ini kami dapat membuat Albion Online semakin berkembang dan terus menghadirkan pembaruan konten maupun fitur di masa mendatang.

Pada akhirnya, kami percaya bahwa langkah ini dapat membantu kami mewujudkan visi jangka panjang Albion Online.

Bagaimana menurut kalian?

Malas baca? Kamu bisa subscribe channel youtube kami untuk update berita dalam bentuk visual di bawah ini :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *